D Virus

Latar Belakang

National School Debating Championship (NSDC) dan National University Debating Championship (NUDC), merupakan event lomba debat yang diadakan langsung oleh Kementrian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS) dan Kementrian Pendidikan Tinggi (KEMENDIKTI) paling prestisius. Tiap tim asal provinsi akan diadu untuk mendapatkan pemenang yang akan mewakili Indonesia di kompetisi debat tingkat internasional. Untuk menentukan perwakilan provinsi, maka masing – masing provinsi akan dilakukan seleksi tingkat provinsi.

Ada beberapa masalah dalam perberlakuan seleksi tingkat provinsi ini sendiri, yaitu yang paling mendasar adalah diskrepansi dasi segi skill dan pengetahuan debat antara peserta yang berasal dari kota dengan peserta yang berasal dari daerah. Sehingga, walaupun tim asal daerah mampu terpilih sebagai representatif provinsi, namun tidak mampu bersaing di tingkat nasional. Padahal tim ini bukan hanya mewakili nama provinsi dan universitas atau sekolah namun juga membawa nama insan debat Sumatera Utara. Salah satu hambatan untuk tim – tim ini untuk memiliki bargaining power yang cukup adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki latar belakang di bidang debat. Kebanyakan dilatih oleh guru bahasa inggris, yang lebih memperhatikan masalah grammar dibandingkan konten dan teknik kruisial lainnya didalam debat.

Medan Debaters Forum (MDF) sebagai institusi yang peduli dengan regenerasi prestasi debat di Sumatera Utara yang tentu saja memiliki sumber daya manusia yang telah berpengalaman di bidang debat, baik tingkat nasional  dan internasional, kiranya memiliki tanggung jawab moral untuk membantu masalah ini. Karena, hal ini bukan hanya terkait secara langsung dengan kompetisi yang seimbang, namun juga berkaitan dengan regenerasi bibit – bibit penerus baru dari debater di Sumatera Utara.

Tujuan

  1. Memberikan pengetahuan dan melatih kemampuan debat bagi siswa dan juga guru dari institusi terkait.
  2. Menjaring bibit – bibit baru debater unggul yang saat ini tersembunyi di berbagai daerah.

Mekanisme Kegiatan

Program DVirus! ini akan dilaksanakan di sekolah – sekolah yang berada di daerah Sumatera Utara. Program DVirus! ini menggunakan pola workshop, yang menitik beratkan pada praktik dan latihan yang dilangsungkan secara konkrit serta memiliki pola universal, artinya materi yang diberikan untuk tingkat SMA dan Universitas akan sama, yang membedakan adalah kemampuan siswa dalam menganalisis bahan ajar yang tentu semakin baik kemampuan siswa maka akan semakin bervariasi pula bahan ajar yang diberikan.

Alur

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di sini.
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke alamat email: siapa@medandebaters.org atau menghubungi Contact Person di +62 811111 1111
  3. Konfirmasi ketersediaan tenaga coach MDF akan dikonfirmasi kembali dalam waktu 1 minggu.
  4. MDF dapat secara sepihak menentukan untuk memberi prioritas pelatihan kepada institusi tertentu.
  5. Transportasi dan akomodasi wajib disediakan oleh institusi yang mengundang. Pembicaraan ini akan dibahas lebih lanjut setelah formulir pendaftaran disetujui.
  6. Surat perjanjian kerjasama wajib dilakukan antara MDF dengan institusi yang mengundang demi melindungi hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *